Nasional

19 Prajurit Diraja Malaysia Kunker Ke Singkawang Kalbar

PANTAU RIAU.COM-P0NTIANAK, Sebanyak 19 prajurit Tentara Diraja Malaysia (TRDM) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Tujuannya, untuk mengikuti rapat Unit Comander Meeting (UCM) seri II tahun 2016.

 

"Kunjungan kami dari pada tiga Brigif Infanteri Malaysia ke Singkawang-Indonesia ini dalam rangka melaksanakan rapat Unit Comander Meeting (UCM) seri II tahun 2016," kata Panglima 3 Briged Infanteri Malaysia, Brigjen Moh Bustaman di Singkawang, Selasa (20/12/2016).

 

Menurutnya rapat UCM ini dilakukan dua kali dalam setahun secara bergiliran. Program ini menurutnya telah berjalan setiap tahun sejak tahun 1972 silam. "Pertemuan ini berkaitan kerjasama bilateral antara dua negara, khususnya Serawak-Kalimantan Barat. Yang mana terkait dengan keamanan perbatasan," kata dia.

 

Ia menjelaskan, nantinya para pasukan infanteri dari dua negara ini akan menduduki pos-pos gabungan untuk melakukan tugasnya.

 

"Kalau pos-pos gabungan dijaga tentara Indonesia - Malaysia bergabung menduduki satu pos. Untuk bertugas bersama-sama. Sedangkan pos imbangan, di sebelah kami (Malaysia) ada pos dan di sebelah Indonesia juga ada pos," tuturnya.

 

Bustaman melanjutkan, kerjasama bilateral antara Indonesia-Malaysia tidak hanya sebatas UCM saja. Tetapi juga ada kerjasama dalam aktivitas latihan medan tempur, patroli gabungan, dan sebagainya.

 

Sementara itu, Kasrem 121/Abw, Kol Inf Denny membenarkan kerjasama itu memang sudah terjalin cukup lama sejak tahun 1972. Terutama kerjasama dalam perbatasan. Ada dua Batalyon tentara Indonesia yang ditugaskan di perbatasan. Yaitu Batalyon di luar Kalimantan. Kemudian di wilayah Barat ada Batalyon 131 dan wilayah Timur ada Batalyon 502.

 

"Mereka ditempatkan di perbatasan mulai dari Temajuk sampai dengan Badau," kata Kasrem.

 

Pada kesempatan itu, Dandim 1202/Skw, Letkol Czi Darody Agus mengatakan, kunjungan kerja ini merupakan kerjasama antara tentara RI-Malaysia.

 

"Dalam hal ini, dari tentara Malaysia ada tiga Briged dan di Indonesia ada Korem 121/ABW yang mana didalamnya terdapat empat Satgas Ter, yaitu Kodim Sangau, Putussibau, Sintang dan Singkawang. Dengan dua Satgas Batalyon di perbatasan, yaitu Batalyon 502 dan 131," terang Agus.(PRC/Ucweb)

 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan