Nasional

KPK Jadwalkan Pemeriksaan Ratu Atut Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Alkes

PANTAU RIAU.COM-JAKARTA, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan memeriksa mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah, Jumat (23/12). Ratu Atut diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek alat kesehatan di Provinsi Banten.

 

"RAC (Ratu Atut Chosiyah) diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka," kata Jubir KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi.

 

Ratu Atut bersama adiknya, Tubagus Chaeri Wardana atau Wawan diketahui ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan alkes di Dinas Kesehatan Banten tahun anggaran 2011-2013 pada awal 2014 lalu. Kakak beradik itu disangka melanggar Pasal 2 Ayat (1) dan atau Pasal 3 UU Tipikor juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

 

Namun, sejak ditetapkan sebagai tersangka Atut tercatat baru diperiksa KPK dalam kapasitasnya sebagai tersangka tak lebih dari tiga kali. Padahal, terkait kasus ini, Wawan telah divonis bersalah Pengadilan Tipikor Serang.

 

Dalam kasus ini, Atut diduga telah mengatur pemenang lelang pengadaan alkes di Banten dan menerima uang dari perusahaan yang dimenangkannya. Sementara Wawan, pemilik PT Bali Pasifik Pragama sebagai perusahaan pemenang lelang diduga menggelembungkan anggaran proyek ini.

 

Selain kasus ini, Atut telah divonis bersalah oleh Pengadilan Tipikor dengan hukuman penjara 4 tahun dan denda Rp 200 juta subsider 5 bulan kurungan karena dinilai bersalah telah menyuap mantan Ketua MK, Akil Mochtar sebesar Rp 1 mi(Pantauriau/suara.p)

 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan