Nasional

Presiden Jokowi Perintahkan,Aparat Penegak Hukum Harus Gencar Berantas Pungli

PANTAU RIAU.COM-JAKARTA,Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran aparat penegak hukum terus menggencarkan pemberantasan pungutan liar (pungli) di lingkungan pemerintahan dan swasta.

 

"Saya minta agar pemberantasan pungli tidak boleh berhenti. Harus dikerjakan," kata Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa kemarin.

 

Pada rapat‎ yang khusus membahas tentang reformasi hukum, Presiden Jokowi secara khusus menekankan bahwa pemberantasan pungli harus diikuti pembenahan sistemik agar pelayanan menjadi lebih berkualitas.

 

"Artinya, setelah kita menyelesaikan pungli, sistemnya harus masuk. Menahan dan pemberantasan pungli harus bisa menjadi pintu masuk agar pelayanan publik semakin baik, berkualitas, dan bukan sebaliknya," katanya.

 

Dia mencontohkan pelayanan di institusi Polri harus makin berkualitas dan baik. Disebutkan, pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM), Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) harus ditingkatkan pelayanannya. "Penanganan tilang harus makin baik. Memperluas pelayanan berbasis online. Kita harus terapkan pembayaran nontunai melalui perbankan," kata Presiden Jokowi.

 

Menurut Presiden, reformasi hukum bukan hanya menyangkut persoalan di hilir seperti pelayanan publik, tetapi juga ke hulu. "Pembenahan aspek regulasi dan prosedur. Untuk itu, saya minta penataan regulasi menjadi prioritas dalam reformasi hukum kali ini," kata Presiden Jokowi.

sumber beritasatu

 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan