Daerah

Pelaksanaan UN Paket C Dumai Penuh Kecurangan,Pengawas Berikan Soal Jawaban ke Peserta

Terilihat pada foto,pengawas sedang memberikan soal jawaban kepada peserta UN Paket C

PANTAU RIAU.COM-DUMAI, Pelaksanaan Ujian Nasional untuk Pendidikan Kesetaraan Program Paket C Gelombang Pertama yang sudah berlangsung dari tanggal 15-16 April 2017, dan berlanjut 22-23 April 2017di salah satu Sekolah SDN di Kota Dumai. Diduga hanya Formalitas dan ajang bisnis. 

 

Bagaimana tidak, pelaksanaan UN tersebut yang mengerjakan soalnya ternyata pengawas ujian, hal tersebut saat awak media meliput kegiatan UN Program Paket C disalah satu sekolah di Kota Dumai, Sabtu (22/04/2017).

 

"Kami hanya mengisi nama, no ujian dan membaca saja, kemudian pengawas akan datang memberikan jawabannya," ujar salah seorang siswa peserta UN paket C yang tidak ingin disebutkan namanya.

 

Bukan hanya itu, siswa UN Kesetaraan Kota Dumai ini, juga merasa heran dengan adanya perbedaan prihal uang pendaftaran yang nominalnya berbeda-beda.

 

"Ia bg, soalnya uang pendaftaran beragam, ada yang Rp1.8 jt, ada juga yang Rp2.5 jt dan mungkin ada yang lebih besar lagi," ujar siswa tersebut.

 

Lanjutnya menambah kenapa ada yang lebih besar angkanya dikarenakan ada siswa yang tidak hadir, tapi namanya ada dan hasil ujiannya tetap terisi dikarenakan soalnya di isi oleh pengawas.

 

"Enaklah kalau ada duit, gak usah ikut ujian tapi hasil ujian terisi," ujar siswa tersebut.

 

Mirisnya" siswa peserta UN yang tak hadir juga dapat lulus karena,pengawas yang mengisi lembaran soal UN sudah pasti uang pendaftaran lebih besar disinyalir hingga Rp 3 hingga 4 juta.

 

Amir ketua panitia UN Kesetaraan yang juga Guru SMAN 3 Dumai, saat dikonfirmasi melalui handphonenya mengatakan hal tersebut sudah biasa.

 

"Kalau awak media mau menulis beritanya silahkan saja apa yang anda  lihat di lapangan anda tulis, itu hal biasa," ujarnya seraya menutup ponselnya.*** (prc/mr)

 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan