Daerah

Sambut Ramadhan, Bupati Amril Mukminin Gelar Syukuran di Rumah Dinas

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin didampingi istri, Kasmari saat menyerahkan santunan kepada kaum dhuafa sempena menyambut bulan Ramadhan 1438 H di rumah dinas, Wisma Daerah Sri Mahkota, Rabu (24/05/2017) malam.

Bengkalis (PRC) - Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1438 H yang sudah diambang pintu, Bupati Bengkalis, Amril Mukminin dan keluarga besar menggelar syukuran dengan masyarakat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis. Acara tersebut dilaksanakan di rumah dinas, Wisma Daerah Sri Mahkota, Rabu (24/05/2017) malam.

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ajang silaturahmi dan bermaaf-maafan ini diisi dengan berbagai acara, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh qori jemputan, Aris Apriadi, kemudian pembacaan tahlil oleh ustadz Awaluddin Hasibuan, disambung doa oleh imam besar masjid agung Istiqomah, H Ghufronuddin.

 

Dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada puluhan anak yatim dan kaum dhuafa. Terakhir, tausiyah agama oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia Bengkalis, H Amrizal. 

 

Sebagai ahlul bait, dalam sambutannya, Bupati Amril mengucapkan mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh masyarakat Bengkalis di manapun berada. 

 

"Mudah-mudahan dengan silaturahmi ini kita dapat memasuki bulan suci Ramadhan 1438 H dengan hati yang bersih dan suci," ungkapnya.

 

Terkait datangnya bulan Ramadhan, mantan anggota DPRD Bengkalis tiga periode ini mengajak seluruh umat muslim di daerah yang berjuluk Negeri Junjungan itu, untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan yang penuh rahmat, kemuliaan dan maghfirah dengan suka cita.

 

"Perasaan gembira menyambut Ramadhan adalah cerminan ketakwaan kita kepada Allah SWT," ujarnya.

 

Bupati juga mengajak melalui puasa Ramadhan, agar meningkatkan kualitas iman dengan memperbanyak ibadah, baik ibadah vertikal kepada Allah SWT, maupun bersifat horisontal kepada sesama manusia. 

 

Selain itu, sebagai rasa suka cita menyambut Ramadhan, ada beberapa pesan moral yang disampaikan Amril, khusus untuk umat muslim.

 

"Mari kita saling memaafkan antar sesama dan luruskan niat untuk memanfaatkan bulan Ramadhan tahun ini, agar lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya," katanya.

 

Selanjutnya, kuatkan niat untuk melaksanakan ibadah zakat fitrah serta menuntaskan pembayaran zakat mal, agar rangkaian ibadah wajib bisa terlaksana dengan lengkap dan sempurna. 

 

"Mari kita tingkatkan aktivitas sosial dengan menyantuni anak yatim, fakir miskin dan kaum dhuafa," ajaknya.

 

Khusus kepada generasi muda Islam, Amril juga berpesan agar tidak menyia-nyiakan kesempatan Ramadhan ini dengan perbuatan yang tidak bermanfaat dan mencelakakan diri sendiri, seperti balapan liar, bermain petasan dan sebagainya. 

 

"Mari kita makmurkan masjid dan tempat-tempat ibadah dengan berbagai kegiatan, baik ibadah fardhu berjamaah dan ibadah sunnah lainnya," ajaknya lagi.

 

Diakhir sambutannya, mantan Kepala Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir ini juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga kedamaian dan keharmonisan. 

 

Sementara itu dalam ceramah agama, H Amrizal menyampaikan tentang fitrah manusia yang dilahirkan dalam keadaan suci, namun karena dorongan hawa nafsu dan godaan syaitan, manusia telah menodai kesucian manusia tersebut dengan dosa.

 

"Hadirnya bulan Ramadhan sebagai momentum pensucian diri, sebab barangsiapa berpuasa Ramadhan dengan keimanan dan mengharapkan ridho Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu," serunya sambil mengutip sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari.

 

Oleh karena itu, ustadz yang juga dosen di STAIN Bengkalis ini mengajak seluruh masyarakat yang hadir agar memanfaatkan datangnya bulan Ramadhan sebaik mungkin, dengan puasa di siang hari dan menjalankan qiyamul lail (ibadah dimalam hari), serta ibadah sunnah lainnya. 

 

"Mudah-mudahan ibadah puasa yang akan kita lakukan, diterima oleh Allah SWT, sehingga menjadikan terhapusnya dosa-dosa yang pernah kita lakukan dan mengantarkan kita kembali kedalam fitrah kesucian," doanya mengakhiri.

 

Acara yang penuh khidmat itu ditutup dengan salam-salaman antara tamu yang hadir dengan Bupati Amril dan istri, Kasmarni. Juga hadir Kapolres Bengkalis, AKBP Abas Basuni bersama Wakapolres Kompol Taufiq Hidayat Thayeb, Danramil 01/Bengkalis Mayor Inf Irwan, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah, H Arianto dan sejumlah pejabat teras lingkup Pemkab Bengkalis.

 

Tampak hadir anggota DPRD Bengkalis Irmi Syakip Arsalan dan Abi Bahrum. Selain itu juga hadir Ketua LAMR Bengkalis H Zainuddin Yusuf, Ketua Baznas Bengkalis H Ali Ambar, dan Ketua DDII Bengkalis M Ashubli.(rls/hms).***




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan