Pendidikan

SDN 59 Sebangar berhasil raih Juara I Adiwiyata tingkat Kabupaten Bengkalis

Kepala SDN 59 Sebangar Rusli,S.Pd.I

BATHIN SOLAPAN (PRC) - Program Adiwiyata adalah salah satu program dari Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

 

Dalam program ini diharapakan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

 

Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar beserta menengah di Indonesia.

 

Program Adiwiyata harus berdasarkan norma-norma Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup beserta Budaya Lingkungan.

 

Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam beberapa Bulan yang lalu mengadakan Program Adiwiyata bagi-bagi setiap Sekolah Dasar dan menengah serta memberikan penghargaan kepada Sekolah yang benar-benar Peduli dan berbudaya lingkungan.

 

Salah satu Sekolah Dasar di Kecamatan Mandau yang berhasil mendapatkan Penghargaan Adiwiyata dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis yaitu SDN 59 Sebangar dalam pantauan pantauriau.com lingkungan di Sekolah ini benar-benar asri beserta berbudaya dan disekolah 59 Sebangar juga terdapat sebuah Tugu Kapal Lancang Kuning yang berada pas ditengah lapangan tempat para peserta didik bermain.

 

Kepala SDN 59 Sebangar Rusli,S.Pd.I mengatakan Tentu kami sangat bersyukur atas penghargaan ini. Kami berusaha untuk mempertahankan lingkungan sekolah kami sebagai sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan,” Kata Kepala SDN 59 Sebangar.

 

“Kami juga SDN 59 Sebangar masuk program K13, Sekolah Model terakhir mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis Adiwiyata. Kami juga saat ini terus berbenah untuk mempersiapkan Adiwiyata Tahun berikutnya semoga Sekolah kita ini Tahun berikutnya berhasil mendapatkan lagi penghargaan Adiwiyata yang kedua kalinya,” terangnya.

 

Rusli,S.Pd.I menambahkan Kalau Adiwiyata di SDN 59 Sebangar ini kita berhasil mendapatkan Juara I se Kabupaten Bengkalis. kami juga mendapatkan Piala, Piagam dan Uang pembinaan untuk sekolah dari Bupati Bengkalis Amril Mukminin,” tambahnya.

 

“Kita pihak SDN 59 Sebangar juga berencana untuk membuat Kantin kejujuran pada kantin itu nantinya akan disediakan berbagai jenis makanan beserta minuman kalau sistim pembayaran nya peserta didik membayar nya sendiri dan untuk mengembalikan uang nya juga dengan sendiri,” jelasnya.

 

Ditambahkan Rusli,S.Pd.I, Kami tadi juga sedang mempersiapkan untuk pembuatan Kompos, kalau Kapal Lancang Kuning itu kebetulan Sekolah kita ini berada di Provinsi Riau atau Bumi Lancang Kuning maka dari itu kita buat dilapangan SDN 59 Sebangar ini pas ditempat peserta didik bermain dengan tujuan agar mereka tau saat ini mereka berada di Bumi Lancang Kuning tanah Melayu,” sambungnya.

 

“Kami pihak SDN 59 Sebangar saat ini tengah sibuk untuk kesiapan Adiwayata untuk Tahun berikutnya dan ingin mempertahankan gelar Adiwiyata ini di Sekolah kami untuk Tahun berikutnya,” pungkasnya.***




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan