Daerah

Andika Sakai : PKS PT. PCR jelas melanggar UU Nomor 32 Tahun 2009

Kolam limbah PT. PCR sangat dekat dengan pemukiman masyarakat setempat.

MANDAU (PRC) – Ketua Perhimpunan Pemuda Riau (PPR) Kabupaten Bengkalis meninjau dan melihat langsung aliran limbah dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Permata Citra Rangau (PCR) yang berlokasi di Sebanga, Kelurahan Talang Mandi, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

 

Dari penglihatan nya jelas PKS PT. PCR ini sudah banyak melanggar aturan Dokumen uji kelayakan yang jarak lokasi PKS juga sangat dekat dengan pemukiman masyarakat beserta Rumah Ibadah umat Islam dan tidak adanya
sungai dari lokasi Pabrik tersebut untuk tempat pembuangan limbah dari PKS ini.

 

Ketua PPR Kabupaten Bengkalis Andika Sakai mengatakan Setelah kami cek kelapangan melihat langsung lokasi PKS PT. PCR ,disana kami melihat kejanggalan yang sangat fatal yang sudah melanggar aturan yang ditentunkan, Mengapa demikian kami katakan begitu kami melihat secara langsung pemukiman masyarakat hanya berjarak kurang lebih 100 M bahkan kolam limbah dari PKS PT. PCR tersebut bersebalahan dengan rumah masyarakat dan Mushola yang merupakan Rumah Ibadah Umat Islam,” kata Ketua PPR Kabupaten Bengkalis Andika Sakai Rabu (25/4/18) kepada pantauriau.com.

 

“PKS PT. PCR ini juga tidak mempunyai aliran sungai disini sudah jelas melanggar aturan Undang-undang (UU) yang ada, Yaitu tertuang didalam UU Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup beserta juga diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2012 disana sudah jelas dituangkan tentang aturan Pendirian Pabrik Kelapa Sawit,” terangnya.

 

Andika Sakai menambahkan, Maka dari itu kami minta kebijakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis segera menindak dengan tegas harus ditutup PKS PT. PCR ini tidak usah diberikan sanksi lagi karena sanksi yang diberikan oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis itu hanya sebagai simbol saja.

 

Dijelaskan Andika, Kami juga menduga dalam Dokumen uji kelayakan dari PKS PT. PCR tidak pernah diuji kelayakannya yang hanya abal-abal saja atau asal jadi yang penting bisa berdiri tidak melihat resiko beserta dampak buruk bagi masyarakat yang ada dilingkungan lokasi Pabrik tersebut.

 

“Maka dari itu kami dari Perhimpunan Pemuda Riau (PPR) Kabupaten Bengkalis meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis lihat kembali dokumen pendirian PKS PT. PCR uji kembali kelayakan dokumen nya biar pemerintah tidak disalahkan oleh masyarakat,” pungkasnya.***




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan