Daerah

Pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bagi Masyarakat Kampar 

Pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bagi Masyarakat Kampar 

KAMPAR (PRC) -Dinas Kesehatan Kab. Kampar Bersama Dinas Kesehatan Prov. Riau dan Lintas Sektoral Taja Kegiatan Pemanfaatan Dana Desa untuk Bidang Kesehatan dan Kegiatan Advokasi Kebijakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Kabupaten Kampar

Jum’at (02/11/2018) Bangkinang – Sejalan dengan kebijakan yang ditetapkan Pemerintah secara berjenjang yang berkewajiban untuk memberdayakan dan mendorong peran serta masyarakat dalam upaya kesehatan agar masyarakat hidup sehat. 

Salah satu upaya Pemerintah tersebut adalah dengan menetapkan prioritas penggunaan Dana Desa untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa khususnya bidang kesehatan. Upaya peningkatan pemberdayaan masyarakat di Bidang Kesehatan salah satunya dapat diwujudkan melalui keaktifan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyakat (UKBM).

Menyikapi akan hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar bersama Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan Lintas Sektoral menggelar kegiatan pertemuan Lintas Program terkait pemanfaatan Dana Desa untuk Bidang Kesehatan dan Advokasi Kebijakan PHBS di Kabupaten Kampar yang diselenggarakan di Aula Pertemuan Lantai 3 Kantor Bupati Kampar.

Acara ini di hadiri oleh lintas sektoral terkait yaitu dari Bappeda Kampar, MUI Kampar, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Kampar, Tim Penggerak-Persatuan Kesejahteraan Kelaurga (TP-PKK) Kab. Kampar, Dinas Perkim Kampar, Beberapa orang Camat, Kepala Puskesmas dan Kepala Desa di Kabupaten Kampar, yang dibuka langsung oleh Bupati Kampar melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kampar (Drs. Yusri, M.Si).

Dalam sambutannya Bupati Kampar Melalui Sekda Kampar (Drs. Yusri, M.Si) menyampaikan bahwa Dana Desa untuk UKBM harus dimaksimalkan dan tepat sasaran, khususnya bidang kesehatan melalui upaya koordinasi dan sinergitas program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan di desa.

Masyarakat desa yang berkualitas tentu menjadi input yang bermanfaat bagi desa itu sendiri maupun bagi daerah. Masyarakat yang berkualitas tentunya didapatkan dari Desa yang Sehat, Desa yang Sehat tentunya diciptakan dari Prilaku Masyarakat yang bersih dan sehat (PHBS), jelas Sekda Kampar (Drs. Yusri, M.Si) dalam sambutannya.

Semoga dengan adanya dana desa yang dialokasikan di Bidang Kesehatan sesuai dengan Permendes No. 19 Tahun 2017, desa-desa di Kabupaten Kampar dapat mengembangkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat yang setinggi-tingginya, Lanjut Sekda Kampar (Drs. Yusri, M.Si).

Diakhir sambutannya Bupati Kampar melalui Sekda Kampar (Drs. Yusri, M.Si) menekankan bahwa Kab. Kampar harus bebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS) tahun 2022.
Pada acara sesi pemaparan materi yang diawali oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov. Riau yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Prov. Riau (dr. Ruswaldi, Sp.KO) menyampaikan bahwa pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat bagi masyarakat, karena sehat adalah modal utama untuk melangsungkan kehidupan, beber dr. Ruswaldi, Sp.KO.
Selanjutnya pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar (Nurbit, S.IP, MH) menekankan tentang pelaksanaan PHBS ditatanan Rumah Tangga, beliau menyampaikan ada 10 Indikator PHBS : (1) Persalinan ditolong oleh Tenaga Kesehatan; (2) Memberi bayi ASI Eksklusif; (3) Menimbang Balita setiap bulan; (4) Menggunakan Air Bersih; (5) Mencuci Tangan dengan air bersih dan sabun; (6) Menggunakan jamban sehat; (7) Memberantas jentik dirumah 1X seminggu; (8) Makan buah dan sayur setiap hari; (9) Melakukan aktivitas fisik setiap hari; (10) Tidak merokok dalam rumah.

Diakhir penjelasannya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar (Nurbit, S.IP, MH) mengharapkan agar PHBS menjadi suatu budaya ditengah-tengah masyarakat Kabupaten Kampar.

Lebih lanjut pemaparan disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Kampar (Febrinaldi Tridarmawan, S.STP, M.Si), dalam pemaparannya menyampaikan akan pentingnya sinergi antar OPD terkait dengan Pemerintah desa dalam pelaksanaan program dan kegiatan terkait pelayanan sosial dasar guna pencapaian peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat desa.




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan